Senin, 02 Januari 2017

Fungsi Komputer Bagi Guru



Minggu (30/10), saya melakukan wawancara dengan Ibu Siti Fatimah  S.Pd.I sebagai salah seorang guru yang mengajar di MI Jatimulyo, Alian, Kebumen. Kami berbincang mengenai fungsi komputer bagi seorang guru. Beliau memaparkan bahwa komputer mempunyai fungsi yang sangat penting bagi setiap guru. Selain komputer yang menjadi sarana pokok, ada juga beberapa peralatan penunjang yang dibutuhkan, misalnya LCD untuk menerangkan pelajaran, Flashdisk sebagai alat penyimpan data-data siswa dan lain sebagainya.

 Komputer berperan sebagai sarana untuk mempermudah proses pembelajaran, beliau menyebutkan contohnya ialah untuk pembuatan Rencana Proses Pembelajaran (RPP) serta untuk memasukkan data siswa seperti nilai raport dan nilai harian. Selain itu, kebutuhan komputer juga digunakan untuk mengajar di kelas, hal itu dimaksudkan agar pembelajaran lebih efektif dan efisien.
Beliau juga menjelaskan mengenai cepatnya perkembangan komputer yang lambat laun semakin mengurangi penggunaan papan tulis. Namun, untuk kondisi di tempat beliau mengajar, papan tulis masih umum digunakan sebagai pengganti saat listrik padam atau untuk mengajar pada tingkat kelas bawah seperti kelas 1-3. Beliau berpendapat bahwa penggunaan papan tulis masih diperlukan untuk sarana melatih keberanian siswa agar tidak takut tampil di depan kelas terutama dalam menjawab pertanyaan yang diberikan guru lewat menulis di papan tulis.
Dalam penerapan sebuah pembelajaran baru, tentu diperlukan adanya respon dari semua elemen terkait. Beruntungnya, untuk Mi Jatimulyo sendiri menerima dengan baik penggunaan komputer tersebut. Peserta didik pun menjadi lebih cepat memahami dan tanggap akan mata pelajaran yang disampaikan. Karena komputer memberikan gambaran langsung mengenai materi tersebut melalui sarana gambar dan video.
Terkait harapan mengenai pendidikan komputer, beliau mengharapkan agar penggunaan komputer lebih ditingkatkan guna memudahkan kelancaran proses kegiatan belajar mengajar. Beliau juga menyarankan agar  sosialisai terkait pemahaman mengenai aplikasi yang cocok untuk diterapkan dalam proses pembelajaran lebih aktif diadakan serta penyediaan fasilitas teknologi komputer dari pemerintah yang memadai dan mencukupi.
Kesimpulannya komputer adalah sarana yang penting dan pokok untuk pendidikan saat ini, karena untuk menunjang proses pembelajaran yang efektif, kondusif, tidak membosankan, serta lebih menyenangkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar