Rabu, 11 Januari 2017

PERAN PENDIDIK SEBAGAI PELOPOR KEMAJUAN BANGSA




Ada banyak cara untuk memajukan kejayaan suatu bangsa, salah satu diantaranya adalah dengan pendidikan. Pendidikan adalah suatu metode yang dilakukan dengan cara memberi pengajaran dan belajar bersama dalam sebuah perkumpulan guna mencapai tujuan yang diinginkan yaitu memutuskan rantai kebodohan dan menyuburkan ilmu pengetahuan.

Di dalam dunia pendidikan, tentu banyak aspek yang mendukung kelancaran di dalamnya. Ada peran serta pemerintah, sarana prasarana, peseta didik, dan yang terpenting adalah peran para pendidik.
Pendidik atau yang lebih dikenal dengan sebutan seorang guru adalah seseorang yang mengabdikan hidupnya untuk mempelajari berbagai jenis ilmu dan mengajarkannya kepada orang lain guna menjadi sarana kebermanfaatannya. Mereka menjadi faktor utama dalam menggerakan roda pendidikan. Tanpa mereka,tentu tak ada pelaku guna memotori lajunya ilmu pengetahuan. Bisa dikatakan pula bahwa seorang pendidik merupakan aset berharga yang dimiliki sebuah negara.
Pendidik adalah seseorang yang pekerjaannya mengajar orang lain. Pendidik meliputi semua orang dewasa yang  mampu mendidik dan mengajarkan ilmunya yang bermanfaat kepada orang lain. Orang dewasa tersebut tidak hanya sekedar orang yang telihat dewasa dari fisiknya saja, namun juga bersikap dewasa dalam hal psikisnya. Orang tua, Guru, Dosen dan pemimpin masyarakat adalah contoh secara umumnya.
Pendidik harus mempunyai kualifikasi yang kompeten, maksudnya ialah setiap pendidik harus benar-benar memenuhi standar yang telah ditentukan sehingga mereka bisa dikatakan sebagai seorang pendidik yang layak dan memadai. Beberapa kriteria tersebut ialah:
1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
2. Sehat jasmani dan rohani
3. Berjiwa sosial dan bermasyarakat
4. Berkelakuan baik sesuai norma yang ada
5. Mampu mengajar, membimbing, mengarahkan, mendidik serta mengevaluasi setiap ilmu yang diajarkan kepada peserta didik
6, Mampu bertanggung jawab penuh terhadap profesinya
Selanjutnya selain syarat-syarat di atas, pendidik juga mempunyai peran penting dalam proses pembelajaran. Seorang guru sudah semestinya menjadi pemeran utama yang diidolakan peserta didiknya. Ia berperan sebagai motivator ulung yang menuntun peserta didiknya agar tidak hanya pandai berhitung namun juga mampu mengelola psikis dan emosinya. Apabila pendidik mampu menyeimbangkan antara moral, psikis serta intelektual peserta didik, bukan tidak mungkin akan tercipta generasi muda yang tangguh dalam memajukan pembangunan bangsa. Semua itu karena adanya pendidik yang profesional.
Peran lainnya yaitu sebagai penyulut energi yang dapat memicu semangat peserta didiknya. Energi yang dimaksudkan berasal dari kepribadian dalam diri pendidik yaitu yang bersifat positif dan merangsang kebaikan.
Disamping peran yang dimiliki oleh para pendidik, mereka juga mempunyai kewajiban yang tidak bisa ditinggalkan begitu saja. Mereka harus mengerti dan memahami setiap jenis ilmu yang diajarkan kepada anak didiknya. Bersikap komunikatif dalam kegiatan belajar mengajar serta memberikan pemahaman secara jelas dan sederhana. Hal ini diperlukan agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam penyampaian ilmu pengetahuan. Tentunya akan sangat merugikan peserta didik apabila seorang pendidik hanya berbicara tanpa berusaha menjelaskan apa maksud yang dibicarakan.
Di Indonesia, peran seorang pendidik juga sangat dibutuhkan. Apalagi untuk negara yang notabene mempunyai ribuan pulau yang tesebar luas. Banyak pulau di Indonesia yang masih miskin pendidikannya, terutama di daerah 3T yakni daerah paling tertinggal,terdepan, dan terluar. Di lihat dari data Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/BAPPENAS) disebutkan bahwa ada sekitar 122 Kabupaten sebagai daerah tertinggal, serta 43 daerah terdepan dan terluar.¹Meski begitu, sejatinya banyak sumber daya manusia yang cukup menjanjikan bila terus menerus disuguhkan dengan layaknya pendidikan. Apabila pemerintah bertindak cepat dalam memanfaatkan potensi pendidik, maka daerah 3T tersebut akan sama posisinya dengan pendididkan di kota. Meskipun membutuhkan proses yang panjang, namun setidaknya para pendidik mampu mengarahkan masyarakat untuk lebih berfikir terbuka dan cinta pendidikan.
Hal ini tentu menjadi syarat mutlak keberadaan mereka. Disinilah peran pendidik seharusnya menempatkan diri. Berbaur dengan masyarakat yang memang haus ilmu pengetahuan. Jika dilakukan secara teratur, bukan tidak mungkin Indonesia akan menempati grafik kemajuan teratas dalam bidang pendidikan.
Bagi para pendidik yang terpenting bukanlah gaji dan status jabatannya, banyak dari mereka yang bahkan tidak peduli akan status PNS dan Non PNS, namun mereka lebih memprioritaskan kewajiban dan manfaatnya sebagai pengajar. Mereka yakin dengan ilmu,  maka peradaban akan mengalami kemajuan yang menakjubkan. Sebaliknya apabila para pendidik mengabaikan tugas dan kewajibannya, maka dunia pendidikan akan rentan dengan kemunduran. Tidak hanya kemunduran saja, namun sekaligus juga membuka celah gerbang kehancuran. Oleh karena itu, perlu diketahui untuk para pendidik seyogyanya menyadari posisi yang tengah dihadapinya. Keberadaan mereka adalah sebuah tonggak kemajuan bangsa dan negara. Bersikaplah layaknya pahlawan terdahulu yang tanpa henti merengkuh semangat untuk maju.
Disisi lain, campur tangan dari pemerintah juga sangat diharapkan para pendidik. Apabila para pendidik adalah penggerak roda pendidikan maka pemerintah adalah penyedia bahan bakarnya. Disini pemerintah bertindak sebagai fasilitator yang menjembatani kelengkapan sarana dan prasaana dalam lingkup pendidikan. Tentu semua tidak akan nampak apabila pemerintah  hanya duduk manis tanpa berusaha memenuhi kebutuhan pembiayaan. Pembiayaan menjadi penting untuk kelancaran proses pembelajaran. Dana dari pemerintahan sangat dibutuhkan pendidik untuk memenuhi kebutuhan peserta didik.
Kolaborasi antara pendidik dan pemerintah inilah yang menjadi kunci terbukanya kemajuan bangsa. Sudah semestinya mereka memahami akan kebutuhan ilmu yang lambat laun semakin mencuri perhatian dan begitu menjanjikan. Dari sinilah  peran pendidik patutdiapresiasi, sebagaimana ungkapan “ Guru adalah Pahlawan Tanpa Tanda Jasa” yang memang sudah mulai terlihat kebenarannya. Kesimpulannya para pendidik adalah pelopor utama dalam sejarah kemajuan bangsa dan negara. 

DAFTAR PUSTAKA
Jetjetsemut.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar